Kamis, 14 April 2011

Tips Menjaga Pertemanan

Biar pertemanan yang kita jalin bisa awet, berikut ini tipsnya…

1. Dalam berteman, tidak selamanya kita memiliki sifat yang sama. Perbedaan karakter itulah yang harus kita mengerti. Jangan selalu memaksakan pendapat dan prinsip kepada teman kita, hormati juga pendapatnya.

2. Apabila teman kita melakukan kesalahan, jangan langsung menghakiminya, telusuri dulu apa yang sebenarnya terjadi, dan jangan bersikap kitalah yang lebih pintar dari dia. Menasehati juga harus disesuaikan dengan sikonnya.

3. Kepercayaan adalah hal yang penting dalam berteman, jadi kita harus saling menjaga rahasia yang ada, jangan sampai rahasianya kita sebarkan ke orang lain. Jangan mudah percaya juga bila ada orang lain yang coba menghasut kita.

4. Berteman bukan untuk bersaing, jadi jika teman kita berhasil dalam hal tertentu, kita jangan iri.. puji dan dukunglah selama apa yang ia lakukan masih dalam konteks yang benar. Ingat, kebahagiannya adalah kebahagiaan kita juga.

5. Usahakan jangan sering mengeluh di depan teman kita, bisa-bisa teman kita menganggap dirinya hanya sebagai tempat untuk mengeluh. Berbagi hal-hal yang mengembirakan juga perlu lho…

6. Apabila teman kita punya kebiasaan buruk, jangan langsung menegurnya dengan kasar, apalagi jika ia mudah tersinggung.. Katakan dengan halus dan sopan atau tidak secara langsung, akan lebih baik lagi jika kita bisa membantunya untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu.

7. Kejujuran juga harus terus dijaga dalam berteman, kalau kita melakukan kesalahan, segeralah meminta maaf, jangan malu untuk melakukan hal itu.

8. Kita dan teman kita memiliki kedudukan yang sama, tidak ada yang lebih pintar atau bodoh. Saling membantu dan melengkapi adalah hal yang terpenting.

9. Pahami keadaan teman kita dan lingkungannya sehari-hari, jangan menyepelekan atau merasa kitalah yang lebih baik darinya.

10. Jalan-jalan bareng atau refreshing juga baik untuk menambah kedekatan kita dengan teman kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar