Rabu, 09 Juni 2010

MENGATASI PENYAKIT YANG SERING HINGGAPI TUBUH

Pasangan dari sehat adalah sakit, yaitu sebuah kondisi ketika ancaman tersebut mampu mengalahkan system pertahanan tubuh manusia. Jika ada bebarapa istilah sehat yang di artikan dengan sehat jasmani dan sehat rohani, pada hakekatnya adalah kondisi seimbang antara ancaman (stressor) yang diterima oleh fisik dan rohaninya dengan daya tahan tubuh baik secara fisik dan secara rohani itu pula.
Oleh karena itu, tugas manusia adalah mampu memahami dua sisi tersebut, sehingga manusia mampu menciptakan ataupun menjaga sebuah keseimbangan yang telah menjai fitrah dari sebuah penciptaan. Gangguan dari keseimbangan siklus tubuh yang normal baik kelebihan ataupun kekurangan akan mendatangkan penyakit. Karena pada hakekatnya setiap manusia pasti pernah mengalami sakit, hanya saja yang berbeda adalah seberapa sakitkah rasanya dan apakah upaya yang di lakukan untuk mengurangi dan mengobati sakit tersebut. Di bawah ini akan di jelaskan bagaimana cara atau apa yang harus kita lakukan ketika tubuh kita mengalami gangguan, dan untuk lebih jelasnya akan di jelaskan seperti penjelasan di bawah ini :

•Demam
Demam merupakan suatu alarm tubuh yang berupa respons tubuh dengan menaikkan suhu tubuh yang bertujuan membuat kondisi yang tidak kondusif untuk pertumbuhan kuman karena demam itu sendiri merupakan suatu respons terhadap adanya kuman.. Suhu yang normal pada tubuh adalah sekitar 36,5-37,2 derajat Celsius.
Biasanya pada saat demam menyerang akan timbul gejala-gejala lain yaitu pilek, pusing, batuk, dan lain-lain. Dan untuk meringankan sakit karena demam dapat di lakukan dengan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi. Demam yang di sebabkan oleh dehidrasi tidak perlu di beri obat, tetapi cukup di beri cairan yang dapat beasal dari minuman, kuah sayur, buah-buahan yang banyak mengandung air.

• Pusing
Pusing adalah salah satu gejala yang paling banyak dijumpai di masyarakat. Pusing merupakan suatu gejala yang timbul karena rangsangan saraf terutama saraf pusat (otak). Biasanya pusing di sebabkan karena terlambatnya pasokan nutrisi kedalam tubuh. Seperti kelelahan, turunya stamina,terlambat makan,tekanan pada kepala terlalu kuat dan lain sebgainya. Jika rasa pusing berlangsung lama dan terjadi terus-menerus, dan juga tidak kunjung sembuh dengan obat biasa maka perlu pemeriksaan terhadap ahlinya.

•Mual
Mual merupakan respons saluran pencernaan terhadap gangguan tubuh. Gangguan tersebut tidak hanya berasal dari saluran cerna, namun bisa juga berasal dari gangguan lain atau dapat juga di karenakan gangguan psikis. Mual karena gangguan saluran cerna dapat di sebabkan karena penyakit magg, tungkak lambung dan sebagainya. Sedangkan mual yang di sebabkan karena organ lain dapat terjadi pada masa-masa awal kehamilan.

•Sakit perut
Sakit perut termasuk suatu penyakit yang sangat sering muncul. Penyebab yang biasanya terjadi berasal dari luar dan bagian dalam perut. Bagian luar meliputi kulit, otot dan lapisan-lapisannya.sakit perut pada bagian luar dikarenakan seringya di pakai untuk kontraksi. Sedangkan sakit perut yang di sebabkan dari bagian dalam biasanya adalah berasal dari saluran pencernaan seperti lambung,usus,usus buntu,dan saluran kemih ataupun saluran genitalia perempuan.
•Batuk
Batuk merupakan suatu penyakit an merupakan suatu anugrah dari tuhan. Dengan anugrah batuk, manusia dapat mengeluarkan zat-zat yang tidak di butuhkan dari saluran pernafasan. Seanainya manusia tiak mempunyai reflex batuk,mungkin manusi tidak akan dapat bernafas lagi jika nafasnya tersumbat,karena kotoran yang menyumbat saluran nafas tersebut tidak dapat di keluarkan.
Biasanya batuk di sebabkan karena adanya pertumbuhan bakteri di saluran pernafasan kita, sehingga terasa gatal dan tidak nyaman yang menyebabkan terjadinya batuk.
Penyebab batuk selain system pernafasan ada pada penyakit darah tinggi yang mempunyai komplikasi pada penyakit jantung. Biasanya terjai pada malam hari, sampai sesak nafas jika melakukan aktivitas yang berat.sebab-sebab terjadinya batuk lain masih banyak dan jika anda tidak tahu apa penyebab batuk yang anda alami maka segera konsultasikan ke dokter.
•Bersin
Bersin sebenarnya hampir sama dengan batuk, sebagai tanda kekuasaan tuhan untuk mengeluarkan zat-zat penggangu. Bedanya benda asing yang masuk hanya sebatas di daerah hidung, seperti masuknya debu yang membuat hidung terasa gatal dam ingin bersin, atau karena mencium sesuatu yang sangat menyengat sehingga hidung melakukan gerakan atau respons seperti bersin.

Dengan memahami berbagai konsep kesehatan di atas, mulailah untuk mengamati, menginventarisasikan dan mengolah berbagai macam informasi kesehatan yang anda dapatkan secara terus menerus sehingga apat mendetangkan manfaat an hikmah bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar